Ukuran Lapangan Bulutangkis/Badminton Standar Internasional

Ukuran Lapangan Bulutangkis/Badminton

Ukuran Lapangan Bulutangkis – Setiap cabang olahraga tentunya memerlukan sebuah arena/lapangan yang digunakan untuk cabang kejuaran olahraga tersebut. Sama halnya dengan olahraga Bulutangkis yang banyak digemari oleh sebagian besar masyarakat dunia khusunya Indonesia. Namun masih ada beberapa bentuk ukuran lapangan Bulutangkis yang tidak memiliki ukuran yang standar. Disetiap desa banyak sekali yang membuat lapangan dengan ukuran yang tidak standar atau bukan ukuran internasional. Hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan bagi sebagian orang atau mungkin terbatasnya lokasi yang digunakan untuk membuat lapangan. Memang tidak salah jika tujuan utama dari olahraga ini hanya untuk mencari keringat dan menyalurkan hobi. Namun perlu diingat jika kita sering olahraga Bulutangkis dengan menggunakan lapangan yang kurang standar, otomatis kita akan susah untuk beradaptasi serta meningkatkan akurasi kita pada pertandingan-pertandingan resmi. Maka dari itu dibawah ini kami telah mengulas informasi mengenai Ukuran Lapangan Bulutangkis/Badminton yang dapat kalian simak berikut ini.

Ukuran Lapangan Bulutangkis/Badminton Standar Internasional

Ukuran Lapangan Bulutangkis Standar Internasional

Ukuran Lapangan Bulutangkis Standar Internasional

Bentuk Lapangan Bulutangkis/Badminton Permainan cabang olahraga yang satu ini memiliki bentuk lapangan persegi panjang yang terbagi dua ketika bermain dan dipisahkan oleh sebuah net yang membentang pada bagian tengah. Disetiap bidang terdapat garis garis permainan, seperti garis servis depan, garis servis tengah, garis servis samping (khusus untuk pemain tunggal) sis kanan dan kiri, dan garis servis belakang (khusus untuk pemain ganda). Adapun garis garis lapangan Bulutangkis/Badminton ini memiliki ketebalan sekitar 40 mm dan tentunya harus memiliki warna yang jelas atau kontras dengan warna lapangan. Kemudian untuk permukaan lapangan sebaiknya dibuat dari kayu atau bahan sintetis yang lunak dan sangat tidak dianjurkan untuk membuat lapangan dengan menggunakan beton atau bahan sintetik yang keras, karena dapat mengakibatkan cedera pada pemain ketika mereka tersungkur. Namun masih ada beberap tempat yang masih menggunakan lapangan dengan permukaan yang keras. Melihat hal itu, kami sarankan untuk berhati-hati jika bermain di lapangan yang memiliki permukaan keras, dan kami sarankan untuk menggunakan sepatu yang tidak licin atau memiliki bahan karet mentah pada bagian bawahnya. Ukuran Lapangan Bulutangkis/Badminton Standar Nasional Internasional BWF

Baca :  Peraturan Bulutangkis Yang Wajib Diketahui
  • Panjang lapangan : 13,40 meter
  • Lebar Lapangan : 6,10 meter
  • Jarak antara garis net samapai garis servis : 1,98 meter
  • Jarak antara garis seris tengan dengan garias samping lapangan : 3,05 meter
  • Jarak antara garis servis belakang (khusus pemain ganda) dengan garis belakang lapangan : 0,76 meter
  • Jarak antara garis saming permainan tunggal dengan garis pinggir lapangan : 0,46 meter
  • Tinggi tiang : 1,55 meter
  • Tinggi net : 1,52 meter

Diatas merupakan ukuran standar lapangan bulutangkis/badminton nasional dan internasional yang biasa digunakan untuk kejuaran dunia dewasa. Sedangkan untuk ukuran lapangan bulu tangkis standar nasional mini yang biasa dipakai oleh anak dibawah usia 9 tahun memiliki ukuran yang berbeda, yakni panjang 10,05 meter dan lebar 4,40 meter. Bidang Permainan Bulutangkis/Badminton Pada lapangan bulutangkis memang terdapat beberapa garis garis yang pastinya memiliki fungsinya masing-masing. Dimana garis samping memiliki 2 garis (dalam dan luar) dan garis belakang juga memiliki 2 garis (luar dan dalam). Dan setiap permainan bulutangkis juga memiliki aturan yang berbeda di setiap kategorinya, tunggal dan ganda. Lapangan Bulutangkis/Badminton Pada Pertandingan Single (Partai Tunggal) Pada pertandingan partai tunggal, lebar area lapangan bulutangkis hanya menggunakan garis samping bagian dalam saja, dan untuk panjangnya menggunakan garis belakang bagian luar. Bidang permainan untuk partai tunggal dapat kalian lihat dibawah ini :

  • Panjang bidang permainan : 13,40 meter
  • Lebar bidang permainan : 5,18 meter
  • Panjang bidang penerima servis 4,72 meter
  • Lebar bidang penerima servis : 2,59 meter

Bidang Permainan Bulutangkis

Bidang Permainan Bulutangkis

Lapangan Bulutangkis/Badminton Pada Pertandingan Double (Partai Ganda) Pada pertandingan partai ganda, lebar area lapangan bulutangkis hanya menggunakan garis samping bagian luar saja, dan untuk panjangnya menggunakan garis belakang bagian luar sama halnya dengan partai tunggal. Bidang permainan untuk partai ganda dapat kalian lihat dibawah ini :

  • Panjang bidang permainan : 13,40 meter
  • Lebar bidang permainan : 6,10 meter
  • Panjang bidang penerima servis 3,96 meter
  • Lebar bidang penerima servis : 3,05 meter
Baca :  Teknik Pukulan Bulu Tangkis yang Harus Kalian Ketahui

Garis Lapangan Bulutangkis/Badminton Area Servis

Area Servis Partai Tunggal dan Partai Ganda

Area Servis Partai Tunggal dan Partai Ganda

Pada gambar diatas dapat kalian lihat bahwa bidang area servis permainan Bukutangkis/Badminton untuk partai tunggal yakni garis samping bagian dalam dan garis belakang bagian luar. Sementara untuk area servis partai ganda yakni garis samping bagian luar dan garis belakang bagian dalam. Nah pembahasan diatas mengenai ukuran lapangan Bulutangkis/Badminton standar internasional mungkin cukup sampai disini, semoga bermanfaat bagi kalian para pecinta bulutangkis, sekian dan terima kasih.