Peraturan Bulutangkis Yang Wajib Diketahui

Peraturan Bulutangkis – Bulutangkis merupakan olah raga yang sangat populer yang banyak digemari banyak orang. Di Bulutangkis tentunya anda telah mengetahui peraturan yang ada, khususnya bagi anda yang memang sudah mengerti akan seluk beluk bulutangkis ini. Peraturan ini juga sangatlah wajib ditaati oleh para pemain ketika dalam pertandingan.

Maka dari itu, dengan memiliki skil permainan yang tinggi tidaklah cukup jika pemain tidak dibekali dengan pengetahuan khusus akan peraturan bulutangkis yang ada saat ini. Nah bagi anda yang masih pemula dalam dunia bulutangkis, anda dapat menyimak langsung beberapa peraturan bulutangkis yang telah kami siapkan dibawah ini.

Peraturan Bulutangkis Yang Wajib Diketahui

Peraturan Bulutangkis

Peraturan Bulutangkis

1. Peraturan Service Bulutangkis

Service adalah peraturan yang wajib dimengerti oleh para pemain bulutangkis. Dimana service merupakan pukulan pertama yang dilayangkan ke arah lawan untuk memulai suatu pertandingan/permainan bulutangkis. Disini kami akan memberikan tips agar dapat melakukan service dengan baik dan benar yang dapat anda simak berikut ini.

Cara Service Yang Benar Dalam Bulutangkis

Service ini dilakukan dari satu sisi sebelah kanan atau kiri dan menyilang menyebrangi net ke area lawan. Jika kok jatuh didalam area lawan berarti kok dinyatakan masuk namun seandainya kok jatuh diluar area lawan maka service dinyatakan keluar. Hal ini harus diperhatikan, karena kesalah ini sangatlah menguntungkan bagi lawan karena sistem penghitungan poin adalah Rally Poin.

Ada beberapa aturan service yang perlu anda perhatikan dalam permainan bulutangkis.

  • Pada saat memukul kok, tinggi kepala daun raket harus berada di bawah pegangan raket
  • Kemudian kok juga harus berada dibawah pinggang
  • Kaki kiri statis
  • Kaki hanya bergeser dan tidak terangkat dari lantai
  • Ayunan raket harus dalam satu rangkaian
  • Penerima service dapat bergerak setelah kok dipukul
Baca :  Ukuran Lapangan Bulutangkis/Badminton Standar Internasional

Kesalahan yang sering terjadi pada saat melakukan service dalam olahraga bulutangkis.

  • Pada saat memukul kok, kepala raket lebih tinggi atau sejajar dengan pegangan raket
  • Titik perkenaan kok, kepala raket lebih tinggi dari pinggang
  • Posisi kaku seringkali menginjak garis service
  • Kaki kiri melakukan langkah atau terangkat
  • Kaki kanan melangkah sebelum kok dipukul
  • Rangkaian mengayun raket dan memukul kok service dipukul
  • Penerima service bergerak sebelum kok dipukul

2. Garis Lapangan Untuk Area Permainan dan Service Bulutangkis/Badminton

Area lapangan pertandingan bulutangkis ini memiliki perbedaan antara lapangan untuk permainan ganda dan juga permainan tunggal. Pada permainan bulutangkis, setiap area atau garis memiliki fungsi masing-masing. Dimana garis samping memiliki 2 garis yakni luar dan dalam, sedangkan garis belakang juga memiliki 2 garis luar dan dalam.

Untuk area permainan bulutangkis, garis samping bagian dalam dan garis belakang bagian luar digunakan untuk area permainan bulutangkis partai tunggal, sedangkan garis samping bagian luar dan garis belakang bagian luar digunakan untuk area permainan bulutangkis pada partai ganda.

Lalu untuk ukuran lapangan badminton atau bidang service pada partai tinggal adalah garis samping bagian dalam dan garis belakang bagian luar. Sedangkan untuk area service partai ganda yaitu garis samping bagian luar dan garis belakang bagian dalam.

3. Partai Atau Bentuk Permainan Bulutangkis

Dalam bulutangkis ada beberapa jenis parta yang dipertandingkan dalam olahraga yang satu ini, Yakni Partai Tunggal Putra, Partai Tunggal Putri, Partai Ganda Putra, Partai Ganda Putri dan yang terakhir ada Partai Ganda Campuran.

4. Sistem Penilaian Dalam Pertandingan Bulutangkis

Ada beberapa jenis peraturan bulutangkis dalam segi penilaian atau penghitungan poin, diantaranya adalah sistem pindah bola dan juga rally poin.

Baca :  Teknik Dasar Servis Bulutangkis yang Baik dan Benar

Sistem penghitungan poin pindah bola

  • Pada saat sebelum pertandingan dimulai, anda harus menentukan salah seorang pemain dari tiap-tiap pasangan sebagai “orang pertama”. Pemilihan ini berlaku untuk setiap set yang dimainkan
  • Jumlah poin genap atau ganjil menentukan posisi “orang pertama” untuk melakukan service
  • Masing-masing pasangan memiliki 2 kali kesempatan service “orang pertama” dan “orang kedua” sebelum bola mati dan pindah. Kecuali service awal pada tiap awal set tidak mendapat service “orang kedua”
  • Saat bola pindah, service pertama selalu dilakukan oleh pemain yang berada di sebelah kanan

Sistem penghitungan rally poin

  • Setiap pasangan hanya mendapatkan kesempatan service satu kali
  • Service dilakaukan oleh pemain yang posisinya sesuai dengan poin yang telah diraih pasangan tersebut
  • Pemain yang sama akan selalu melakukan service sampai poin berikutnya diraih oleh lawan

Beberapa aturan penghitungan poin pada permainan bulutangkis memang telah mengalami banyak perubahan, mulai dari sistem klasik yakni pindah bola 15 poin sampai sistem terbaru yakni rally poin. Sejak mei 2006 kejuaraan resmio bulutangkis telah menerapkan peraturan penghitungan poin 3 x 21 rally poin baik untuk tunggal dan juga ganda.

Poin tertinggi pada setia set yakni 21 poin, kecuali jika trerjadi perpanjangan atau “Deuce” yang terjadi karena saling kejar mengejar poin hingga diperjanjang selisih jarak 2 poin sesuai dengan ketetapan yang ada. Pemain akan dinyatakan menang jika memenangkan pertandingan 2 set secara langsung. Jika terjadi hasil yang sama kuat 1-1 maka akan dilakukan pertandingan ketiga untuk menentukan pemenangnya.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai peraturan permainan bulutangkis yang wajib anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua, cukup sekian dari kami dan terima kasih.

Baca :  Cara Melatih Pukulan Backhand dan Forehand dalam Bulutangkis