Cara Melatih Pukulan Backhand dan Forehand dalam Bulutangkis

Cara Melatih Pukulan Backhand dan Forehand – Sebelumnya kita telah membahas mengenai daftar harga raket badminton dari berbagai macam jenis merek raket yang ada di dunia ini. Kemudian kita juga sudah membahas mengenai serba-serbi badminton seperti ukuran lapangan dan sebagainya. Nah kali ini kita akan beralih membahas mengenai cara melatih pukulan Backhand dan Forehand dalam Bulutangkis bagi pemula. Pukulan dalam Bulutangkis baik Backhand dan juga Forehand ini memang sangatlah penting, maka dari itu alangkah baiknya kita simak baik-baik cara melatih kedua pukulan dalam Badminton yang satu ini.

Cabang olahraga Badminton/Bulutangkis ini memang sudah sangat terkenal di senatero dunia, dimana Indonesia memang menjadi salah satu negara yang sangat patut diperhitungkan dikancah olahraga Bulutangkis ini. Banyak sekali atlet Indonesia yang berprestasi di Dunia, seperti Taufik Hidayat, Liem Swie King, Rudi Hartono, Cndra wijaya, Susi Susanti dan masih banyak lagi pemain Bulutangkis handal yang mampu mendominasi. Namun prestasi yang mereka dapatkan ini tentunya dengan latihan fisik yang keras dan juga dengan bimbingan para pelatih sehingga Indonesia menjadi salah satu negara dengan prestasi yang memuaskan di cabang olahraga Badminton.

Soal teknik pukulan Bulutangkis seperti Backhand, mungkin kita akan membahas nama Taufik hidayat yang mana ia seringkali melakukan smash Backhand untuk mematikan lawannya. Melakukan teknik Smash Backhand juga membutuhkan latihan khusus dengan melakukan latihan kelenturan pergelangan tangan. Sama halnya dengan melatih pukulan Forehand juga kita harus melatih kelenturan tangan dan juga timing yang tepat sehingga bola mengarah keras melewati net. Nah seperti apa cara-caranya, langsung saja kita simak cara melatih pukulah Backhand dan Forehand yang sudah kami siapkan dibawah ini dapat dapat kalian simak berikut ini.

Baca :  Peraturan Bulutangkis Yang Wajib Diketahui

Cara Melatih Pukulan Backhand dan Forehand dalam Bulutangkis untuk Pemula

Cara Melatih Pukulan Backhand dan Forehand dalam Bulutangkis

Cara Melatih Pukulan Backhand dan Forehand dalam Bulutangkis

1. Cara Melatih Pukulan Backhand

Backhand adalah jenis pukulan dalam olahraga Badminton yang bisa dikatakan sangatlah sulit dilakukan bagi para pemula. Sebelum kalian melakukan Backhand, sebaiknya perhatikan cara memegang raket terlebih dahulu agar pukulan Backhand menjadi keras dan kuat. Dan seperti apa caranya, dibawah ini kami akan memberikan tips cara melakuka Backhand yang mudah.

  • Perhatikan posisi raket ketika dipegang, yakni dalam keadaan miring dan untuk ibu jari dan juga telunjuk menempel pada bagian tangkai raket. Dalam posisi memegang raket ketika akan melakukan pukulan Backhand usahakan jangan pernah berubah-ubah.

Pukulan Backhand juga memiliki keuntungan, karena akan sulit ditebak kemana arah bola mengarah atau bisa dikatakan mampu menghasilkan arah bola yang cukup bervariasi. Disamping itu, pukulan juga lebih keras dan cepat. Dan perlu kalian ketahui bahwa ada dua jenis kombinasi pukulan Backhand, yakni Lob Backhand Overhead dan juga Lob Backhand Underhead. Nah untuk melakukan dua jenis kombinasi Bakchand tersebut, kita simak dibawah ini.

Cara Melatih Pukulan Backhand dalam Bulutangkis

Cara Melatih Pukulan Backhand dalam Bulutangkis

  • Pertama-tama perhatikan sikap awalan berdiri dengan kaki terbuka lebar sebahu dan dengan posisi tubuh yang agak sedikit miring.
  • Lalu posisi raket berada di sebelah kiri tubuh dan sebaliknya jika kalian pemain kidal berarti berada di sebelah kanan tubuh tepatnya di bagian atas kepala, dan ketika kok di pukul, ayunan raket dari depan ke atas hingga bola bisa melambung dengan tinggi.

Dan sedangkan untuk melakukan pukulan Lob Backhand Underhead, kalian dapat melakukan dengan sikap awalan berdiri kangkang dengan posisi tangan memegang raket. Kemudian ketika arah bola yang turun di pukul dari posisi bawah ke depan atas dengan tujuan agar bola yang dipukul melamnung tinggi hingga ke daerah belakang lawan.

Baca :  Teknik Pukulan Bulu Tangkis yang Harus Kalian Ketahui

2. Cara Melatih Pukulan Forehand

Dan yang kedua adalah Cara Melatih Pukulan Forehand Drive. Sebelum kalian melakukan pukulan yang satu ini, ada beberapa hal yang harus kalian cermati, yakni cara pegang raket dan mintalah bantuan teman untuk memberikan kok dengan tinggi rata diatas net. Nah seperti apa caranya, kita simak dibawah ini.

Cara Melatih Pukulan Forehand dalam Bulutangkis

Cara Melatih Pukulan Forehand dalam Bulutangkis

  • Cara pertama adalah berdiri dengan posisi kuda-kuda siap di tengah lapangan dan usahakan posisi raket berada di depat dada atau sesuaikan dengan kondisi bola yang datang.
  • Kedua mulailah untuk meminta umpan kok dengan tinggi rata diatas net.
  • Ketika bola datang, maka lakukanlah pukulan dengan menjemput bola dan lakukan pukulan dengan keras dan cepat. Perhatikan posisi raket harus berada di atas bahu agar lebih siap ketika melakukan pukulan.
  • Usahakanlah agar kok melewati net dengan tipis atau kurang lebih 2cm di atas net.
  • Setelah melakukan pukulan Forehand Drive, usahakan kembali siap dengan posisi menerima umpan balik dari musuh.
  • Pukulan Forehand Drive ini bertujuan untuk membuat musuh tidak siap ketika menerima bola, maka usahakanlah pukul kok dengan keras, cepat dan tajam.
  • Arah pukulan Gorehand ini tidak harus lurus, kalian dapat menempatkan kok di area lawan yang kosong, bisa ke kanan dan bisa juga ke kiri.

Pukulan Backhand dan juga Forehand ini memang bisa dikatakan salah satu teknik yang harus dimiliki oleh setiap pemain bulutangkis. Namun bagi kalian para pemula alangkah baiknya jika terus mengasah kemampuan kedua teknik ini agar setiap pukulan yang kalian lakukan dapat menyusahkan lawan ketika bertanding. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan mengenai Cara Melatih Pukulan Backhand dan Forehand bagi pemula. Semoga artikel yang kami informasikan kali ini dapat bermanfaat dan memberi pengetahuan baru dalam dunia Bulutangkis. Cukup sekian dari kami dan terima kasih.

Baca :  Ukuran Lapangan Bulutangkis/Badminton Standar Internasional